Wing Chun

Apa itu Wing Chun?

yip-man-dummy-kickWing Chun adalah sebuah bentuk seni bela diri yang sangat unik, spesialisasi pada pertarungan jarak dekat, memakai pukulan cepat dan tendangan dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki untuk mempercepat gerak maju. Wing Chun yang efektif dapat dicapai dengan kordinasi antara serangan dan pertahanan yang serentak dan serangan balik. Dari hal tersebut Wing Chun menjadi suatu ilmu bela diri yang baik dalam hal pertahanan diri.

Seorang murid harus belajar untuk mengantarkan jumlah energi yang tepat dengan keadaan santai. Guru Wing Chun yang baik akan mengajarkan muridnya untuk mengatasi keadaan dengan mengatur posisi dan mengelak daripada menghadapi langsung.

Gaya Wing Chun meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak dan mengontrol teknik sebagai bagian dari pertarungan itu sendiri.

Wing Chun memiliki banyak cabang karena biasanya masing-masing guru mempunyai beberapa murid yang akhirnya menyebar ke penjuru dunia. Dari semua cabang Wing Chun yang ada, cabang Ip Man-lah yang paling terkenal dan berkembang pesat sampai mancanegara.

Ip Man sangat dihormati oleh instruktur bela diri lainnya di Foshan dan Hong Kong. Dia adalah orang pertama yang mengajar Wing Chun kepada khayalak ramai. Setelah kematiannya, kebanyakan dari muridnya membentuk perguruan Wing Chun sendiri. Karena Ip Man sangat terkenal, kisah kehidupannya dan Wing Chun dibuat menjadi film layar lebar diantaranya Ip Man 1, Ip Man 2 dan The Legend Is Born – Ip Man.

.

.

Sejarah Wing Chun

Yim Wing Chun

Yim Wing Chun merupakan seorang gadis muda yang lincah dan cantik di desa Yunnan pada masa itu, hal ini membuat banyak lelaki yang tertarik untuk menikahinya, hal ini cukup membuat Wing Chun dan orang tuanya kesulitan karena tidak semua lelaki itu merupakan kriteria anaknya.

wingtsun_yim_wing_chun_ng_muiAyah Wing Chun yaitu Yim Yee suatu hari didatangi gangster setempat untuk memperistri anaknya hal ini membuat mereka ketakutan, pada saat yang sama seorang biksuni pengembara mengunjungi desa Yunnan, biksuni ini merupakan seorang jagoan kungfu dan sudah beberapa kali bertemu dengan ayahnya Wing Chun, setelah mendengar cerita tersebut biksuni tersebut membantu Wing chun dengan mengajarkan beladiri kepada wanita tersebut.

Karena keterbatasan waktu biksuni tersebut mengajarkan inti sari gerakan-gerakan beladiri yang praktis kepada Wing Chun dan meminta Wing Chun berlatih terus menerus sampai menguasainya.

Setelah melalui latihan yang intensif dan berat Yim Wing Chun berhasil menguasai ilmu tersebut dan dengan mudah bisa mengalahkan lawannya yang lebih besar. Dari situ namanya semakin terkenal dan membuat banyak lelaki yang penasaran ingin mencoba kehebatan ilmunya, namun belum ada yang mampu mengalahkan Yim Wing Chun, sampai akhirnya dia menemukan lelaki idamanannya dan mengalah kepada lelaki tersebut yaitu: Leung Bok Cho dan menikah pada tahun 1810-an dan mengajarkan ilmu tersebut kepada suaminya, sebagai penghormatan kepada istrinya Leung Bok Cho menamai ilmu tersebut dengan nama istrinya yaitu Wing Chun.

Advertisements